Kuadran Sumber Penghasilan

Menurut Robert Kiyosaki, ada 4 kuadran yang mungkin menjadi penghasilan seseorang, yaitu:

1. Kuadran Employee, di dalamnya adalah orang-orang yang bekerja sebagai pegawai di perusahaan orang lain. Mereka bisa menjadi seorang direktur bahkan office boy di perusahaan itu. Yang terpenting bukanlah yang mereka lakukan, namun perjanjian yang mereka miliki dengan perusahaan itu.

2. Kuadran Self Employee, orang-orang yang mempunyai usaha sendiri dan masih bekerja di perusahaan/usahanya tersebut. Biasanya mereka mengambil jalur pendidikan yang tinggi agar kelak setelah lulus dapat membuka bisnisnya sendiri. Contohnya seperti dokter, pengacara, jaga toko keluarga, dan lain-lain.

3. Kuadran Business Owner, adalah orang-orang yang mempunyai bisnis dan bisnis tersebut tetap akan jalan ada atau tanpa adanya si pemilik bisnis, ini di sebut business autopilot. Berbeda dengan kuadran self employee yang tidak suka mendelegasikan pekerjaannya kepada orang lain karena merasa tidak ada yang bisa melakukannya selain dirinya, seorang business owner adalah orang yang mendelegasikan pekerjaannya kepada orang lain. Maka dari itu, business owner sering dan senang mengitari dirinya dengan orang-orang pandai di keempat kuadran.

Ada perbedaan antara “S” dan “B” yaitu “S” memiliki pekerjaan sedangkan “B” memiliki sistem dan mendelegasikan sistem itu untuk dikerjakan oleh orang lain. Dengan kata lain “S” adalah sistemnya. Saat “B” pergi selama setahun, bisnisnya masih berjalan saat ia pulang, namun jika “S” pergi selama setahun, kemungkinan besar bisnisnya sudah tidak ada.

4. Kuadran Investor, adalah orang-orang yang membuat uang dari uang, mengeluarkan uangnya untuk investasi menguntungkan yang dapat mempercepat kekayaan mereka semakin bertambah. Mereka tidak perlu bekerja, karena uang yang bekerja untuk mereka. Investor bisa dari berbagai sektor bidang, seperti properti, bisnis, komoditi, paper asset, dan lain-lain.

 

TIPE INCOME ANDA

Banyak orang berpikir bahwa income itu hanya dari 1 sumber saja, yaitu kerja. Apalagi jika dari kecil sudah terdidik bahwa kita harus sekolah, mendapat nilai bagus, untuk dapat kuliah bagus supaya bisa diterima di pekerjaan yang bagus dan jabatan yang bagus. Anda tidak dapat menikmati hidup Anda, mendidik anak Anda karena hanya memikirkan kerja untuk uang. It’s boring, siklusnya seperti itu saja. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu jelas bahwa income itu tidak hanya berasal dari satu sumber saja.

1. Active Income, tipe ini adalah tipe yang mendapatkan uang dengan menukarkan waktu Anda. Jika Anda tidak bekerja, Anda tidak akan mendapatkan uang. Income ini tidak cocok untuk jangka panjang, karena seperti Anda tahu, tenaga dan waktu manusia terbatas. Income ini cocok untuk Anda yang masih muda dan belum menikah untuk mengumpulkan modal. Contohnya: pekerjaan kantoran, self employee.

2. Portfolio Income, income yang didapat dari jumlah asset kita yang mengalami kenaikan dari valuasi. Contoh dari saham, reksadana, obligasi, property, bisnis. Belum bisa jadi income jika Anda belum jual.

3. Passive Income, inilah income di mana Anda tidak bekerja namun dapat uang. Anda bisa pergi kemana saja dan meninggalkan bisnis Anda namun uang tetap mengalir ke rekening pribadi Anda. Contohnya: dari uang sewa properti, bisnis yang sudah automated

 

MEMILIH KUADRAN ANDA

Orang-orang kaya dan berhasil selalu mempunyai cara dan rahasia untuk meningkatkan kekayaannya.

Salah satu rahasianya adalah leverage atau daya ungkit.

Simpelnya, leverage adalah Anda mampu melakukan percepatan usaha dengan luar biasa dengan melibatkan sumber daya yang ada disekeliling Anda. 2 jenis leverage yang biasa digunakan adalah:

OPT – Other People’s Time (Waktu Orang Lain)

OPM – Other People’s Money (Uang Orang Lain)

 

OPT dan OPM ini bisa ditemukan di sisi kanan kuadran. Kebanyakan orang yang bekerja di sisi kiri kuadran adalah OP (Other People) yang waktu dan uangnya dipergunakan oleh mereka yang berada di sisi kanan kuadran. Di sisi kiri, para “E” dan “S” mungkin memiliki keamanan pekerjaan. Tapi, hanya dengan menjadi “B” atau “I” di sisi kanan kuadran-lah Anda akan meraih keamanan dan kemudian kebebasan finansial.

Dalam merancang bisnis di sisi kanan kuadran, sukses berarti meningkatkan sistem dan melibatkan lebih banyak orang. Dengan kata lain, kita bekerja lebih sedikit, menghasilkan uang lebih banyak, dan menikmati lebih banyak waktu luang. Di seluruh kuadran dibutuhkan kecerdasan finansial. Jika ingin beroperasi di sisi kanan kuadran, yaitu sisi “B” dan “I”, Anda harus lebih pandai daripada jika memilih diam di sisi kiri kuadran sebagai “E” dan “S”. Untuk menjadi “B” atau “I”, Anda harus bisa mengendalikan ke arah mana cash flow Anda mengalir.

 

Dari penjelasan di atas, Anda sekarang berada di kuadran mana? dan apakah Anda ingin berpindah kuadran?

Author: BelajarFinansial

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *